Rally Dunia Jajal Gowa-Takalar September ini


Kejuaraan reli nasional dan internasional kembali akan digelar tahun 2010 ini. Sedikitnya 40-50 pereli dunia akan menjajal sirkuit di Kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar.

Di Gowa, pereli akan menaklutkan sirkuit di Desa Belapungranga dan sekitar Bendungan Bilibili, Kecamatan Parangloe. Sementara di Takalar, langganan reli di areal perkebunan tebu milik PTPN XIV Takalar, Kecamatan Polombangkeng Utara.

Direktur Bloedus Management Indonesia (BMI) Jeffrey JP mengungkapkan hal tersebut saat melakukan audience dengan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo di ruang kerja bupati, Kamis (15/4).

Rencanannya, kata Jeffrey, kejuaraan nasional akan diselenggarakan pada 24-25 Juli mendatang. Sedangkan kejuaran internasional berupa Rally Indonesia dan Asia Pasific Rally Championship (APRC) dijadwalkan tanggal 25-26 September nanti.

Jeffrey didampingi Adviser FIA (federasi otomotif internasional) Piero Sodano, dan Ihwal TJ dari BMI. Dalam audience itu, Jeffery meminta dukungan Pemerintah Kabupaten Gowa untuk menyukseskan event internasional tersebut.

“Reli pada Juli nanti untuk mengetahui kekurangan sebelum penyelenggaraan APRC September nanti. Karena APRC sekaligus sekaligus penilaian untuk menjadi tuan rumah World Rally Championship (WRC) atau kejuaraan reli dunia pada tahun 2012 mendatang,” jelas Jeffery.

Seperti tahun 2009 lalu, Rally Indonesia 2010 ini akan diramaikan pereli dari berbagai negara. Seperti Cody Crocker (Australia), Katsuhiko Taguchi (Jepang), Gaurav Gill (India), Emma Gilmour (Selandia Baru), dan Alister Mc Rae (Inggris).

Sedangkan pereli Indonesia yang bakal turut menjajal sirkuti itu antara lain Rifat Sungkar, Rizal Sungkar, dan Subhan Aksa.
Tanggapan Bupati

Menanggapi rencana reli tersebut, Bupati Ichsan berjanji akan memberikan dukungan penuh. Apalagi, katanya, dirinya penggemar reli dan pernah meramaikan beberapa kejuaraan reli sebelum sibuk di panggung politik.

“Kami pasti dukung. Sampaikan saja ke kami apa saja yang diperlukan untuk di Gowa. Namun, kalau soal jalan poros Malino, tolong disampaikan juga ke Pak Gubernur (Syahrul Yasin Limpo) karena jalan itu tanggung jawab pemerintah provinsi,” jelas Ichsan.(ute)

agenda reli
– Kejurnas: 25-26 Juli 2010
– Rally Indonesia dan APRC 2010: 24-25 September 2010
– Lokasi: Desa Belapungranga dan Bendungan Bilibili, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, dan areal perkebunan tebu milik PTPN XIV Takalar, Kecamatan Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar

Peserta Kehormatan
BUPATI Gowa Ichsan Yasin Limpo saat menerima panitia Rally Indonesia 2010 dari BMI sempat berkelakar ingin mengikuti kejuaraan reli tersebut.

“Kalau bukan kejuaraan dunia, saya akan ikut. Tapi kalau ada semaca peserta kehormatan, bolehlah saya ikut,” kata Ichsan.
Menanggapi keinginan orang nomor satu di Gowa itu, Direktur BMI Jeffrey JP memberikan respon positif. Menurutnya, bisa saja pada kejuaraan nasional Juli nanti.

Pada kejuaraan tahun ini, Jeffrey juga mengemukakan keinginannya menggunakan topi khas Kerajaan Gowa, Patonro, untuk digunakan panitia dan peserta.

Merespon hal itu, Ichsan meminta panitia cukup menyampaikan kebutuhannya, nanti dibantu disiapkan.(ute)

Kontak Media :

Keiko Ito (internasional) keiko@rallyindonesia.com
Fahmy Mochtar (nasional) fahmy@rallyindonesia.com

(Sumber http://rallyindonesia.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s