Hidayat Menginginkan RUU Pramuka Segera Disahkan


Mantan Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mendukungan penyelesaian segera pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Gerakan Pramuka.

Namun, ia berharap, kelahiran undang-undang tersebut nantinya tidak memicu polemik yang justru membuat gerakan pramuka semakin tidak diperhatikan.

”Sebaliknya, undang-undang ini harus dapat menguatkan posisi dan peran pramuka, serta mampu menjadi solusi terhadap problematika yang ada terkait kebutuhan pendidikan untuk remaja dan pemuda,” kata Hidayat di Jakarta, Minggu (18/10/2010).

Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga pengurus Gerakan Pramuka era 1980-an ini menjelaskan, tidak menepis urgensi dari upaya untuk menguatkan kelembagaan dan merevitalisasi organisasi pramuka. Termasuk dengan memperkuat landasan hukum atau landasan konstitusionalnya.

”Ini tidak lepas dari fakta, pramuka memang sangat bermanfaat sebagai sarana pendidikan maupun alternatif kegiatan bagi generasi muda,” ujarnya.

Atas dasar itu, Hidayat yakin, ada jalan keluar untuk menyelesaikan setiap perbedaan pendapat yang muncul dalam pembahasan RUU Gerakan Pramuka.

Hidayat mengusulkan semua pihak yang punya kompetensi dan kepedulian terhadap gerakan pramuka, mulai dari kwartir nasional hingga gugus depan khusus dapat duduk bersama dengan pemerintah dan DPR.

”Lewat pertemuan itu, kita berharap lahir kesepakatan yang terbaik agar pramuka Indonesia meningkat kualitasnya,” kata Hidayat, yang semasa remaja aktif menjadi anggota pramuka di Gugusdepan Pesantren Gontor, Jawa Timur.

Sehingga, imbuhnya, kita dapat menghadirkan generasi muda yang memiliki jiwa dan kecintaan pada bangsa, cinta pada kemanusiaan, dan mampu menjawab problematika yang dihadapi anak-anak muda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s