Sulsel Telorkan 1.717 Pramuka Garuda


amSebanyak 1.717 orang anggota Pramuka Garuda dari anggota pramuka pilihan se-kabupaten/kota, akan dilantik Ketua Kwartir Daerah Provinsi SulSEL, Syahrul Yasin Limpo, di Baruga Sangiaseri, 7 November 2010.

Pelantikan yang seyogyanya dilaksanakan 17 Oktober 2010 ini diundur jadwal 7 November.
Kegiatan itu merupakan bagian rangkaian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda 2010. Pramuka Garuda diharapkan mampu menjadi solusi dari seluruh permasalahan khususnya kalangan generasi muda di Sulsel.
Pramuka Garuda ini merupakan gagasan dari Ketua Kwartir Daerah Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.
Ketua Panitia Pengukuhan, Drs Ilham Jafar mengatakan, rencananya kegiatan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga, Menko Kesra, dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
Selanjutnya dimeriahkan berbagai atraksi, diantaranya defile, hingga atraksi pramuka.
Berlangsung pula, reuni purna anggota dewan kerja dan keluarga besar gerakan pramuka Sulsel 16 Oktober.
“Pramuka Garuda ini merupakan sosok pramuka yang paripurna dan sosok yang memiliki kualifikasi dan prestasi terbaik di bidang kepramukaan,’’ ujarnya.
Diharapkan bisa menjadi teladan dan panutan di kalangan generasi muda pada umumnya,” jelas Ilham.
Ketua Panitia Reuni, Norma Bakir memaparkan, reuni ini merupakan ajang silaturrahmi antara seluruh keluarga besar pramuka Sulsel yang didalamnya diwarnai sarasehan, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) khususnya ke makan HM Yasin Limpo yang merupakan mantan Ketua Kwarda derakan pramuka Sulsel.
Sarasehan menurut Norma membahas arah dan masa depan pramuka Sulsel. Sarasehan ini akan mengangkat tema “Masih-kah Adakah Pramuka di Hatimu?”
Hal senada disampaikan pula Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka Daerah Sulawesi Selatan, M Arifin Sarsa. Menurutnya, untuk mencapai titik kulminasi agar bisa dikukuhkan sebagai Pramuka Garuda harus memenuhi syarat kecakapan, baik secara khusus maupun umum. Karena setiap tingkatan kecakapan harus mampu melalui beberapa kriteria yang cukup sulit. “Untuk pelantikan ini, Sulsel merupakan daerah yang pertama kalinya mencetuskan Pramuka Garuda.
“Ini merupakan kegiatan yang spektakuler dan merupakan ide dari Gubernur Sulsel sekaligus Ketua Kwartir Daerah yang menginginkan performance pramuka yang memiliki watak luhur, berkarakter, mempunyai tingkat pengetahuan dan keterampilan yang handal, serta ditunjang fisik yang prima,” papar Arifin. ()

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s