PENGERTIAN SIFAT DAN FUNSI KEPRAMUKAAN


Setiap anggota Gerakan Pramuka harus memahami dan menghayati pengertian KEPRAMUKAAN. Disamping itu harus mengerti pula tujuan, tugas dan misi Gerakan Pramuka sehingga mengerti tugas, tanggungjawab dan arah kegiatan yang harus dilakukannya.

ISTILAH GERAKAN PRAMUKA DAN PRAMUK

Sebelum kita membahas materi ini, dalam pramuka  kita kadang medengar istilah “Gerakan Pramuka“ , “ Pramuka “ dan “Kepramukaan”. Sesudah kita mengerti bahwa kepramukaan adalah proses pendidikan, dimana–mana seluruh dunia sama, maka marilah kita pahami apa sebenarnya

Gerakan Pramuka adalah Nama organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan, Pramuka adalah merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, sedangkan Kepramukaan adalah kegiatannya.

PENGERTIAN

  • Kepramukaan adalah proses pendidikan diluar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan PDK dan MK, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur.
  • Kepramukaan merupakan proses kegiatan belajar sendiri yang progresif bagi kaum muda untuk mengembangkan diri pribadi seutuhnya, baik fisik, intelektual, emosi, sosial, dan spiritual sebagai individu dan sebagai anggota masya-rakat.
  • Kepramukaan merupakan sistem pembinaan dan pengembangan sumber daya atau potensi kaum muda agar menjadi warga negara yang ber-kualitas yang mampu memberikan sumbangan positif bagi kesejahteraan dan kedamaian mas-yarakat baik nasional, maupun internasional.
  • Pendidikan dalam kepramukaan dimaksudkan dan diartikan secara luas sebagai suatu proses pembinaan sepanjang hayat yang berkesinam-bungan. Sumber daya manusia/potensi peserta didik, baik sebagai individu maupun sebagai ang-gota masyarakat, yang sasarannya menjadikan mereka sebagai manusia yang mandiri, peduli, bertanggungjawab, dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat.
  • Pelaksana pendidikan dalam kepramukaan agar menghayati dan menyadari bahwa:

– Karya dibidang pendidikan adalah karya peningkatan mutu mental, moral, fisik, intelek-tual, emosi, sosial, dan spiritual.

– Pendidikan berbeda dengan pengajaran, proses pendidikan lebih pelan dari pada proses pengajaran.

– Pada hakekatnya yang menjadi pendidik sebenarnya adalah pihak yang di didik, pendi-dik hanya memberi bahan pendidikan yang selanjutnya diproses oleh penerima bahan pendidikan tersebut.

– Dasar dan landasan pendidikan adalah meniru. Ada yang meniru dan harus ada yang ditiru. Yang ditiru harus berkarya/bernilai untuk di tiru.

 

TUJUAN / TUGAS / MISI KEPRAMUKAAN

1) TUGAS

Gerakan Pramuka membina dan mendidik kaum muda Indonesia dengan tujuan agar mereka menjadi:

  1. Warga negara Republik Indonesia yang ber-jiwa pancasila, setia dan patuh kepada negara kesatuan Rebublik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna.
  2. Dalam mencapai tujuan itu dilakukan upaya:

–   Menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti yang luhur dengan cara meman-tapkan mental, moral, melalui kegiatan antara lain:

–   Penghayatan dan pengamalan pancasila untuk memantapkan jiwa pancasila dan mempertebal kesadaran sebagai warga negara yang bertanggungjawab atas kehidupan dan masa depan bangsa dan negara.

–   Memupuk dan mengembangkan persu-daraan dan persahabatan baik nasional maupun internasional melalui KEPRA-MUKAAN, PANCASILA ITU DIDIDIK-KAN, bukan diajarkan.

–   KEPRAMUKAAN mengutamakan:

a)     Moral

b)    Kesehatan

c)     Kepedulian

–   Kepramukaaan harus:

a)     Paradigma Baru

b)    Visi Baru

c)     Misi Baru

 

2) TUGAS POKOK

  1. Adalah menyelenggarakan pendidikan kaum muda Indonesia ke tujuan Gerakan Pramuka, sehingga dapat menciptakan tenaga kader pembangunan bangsa yang berjiwa pancasila dan sanggup serta mampu menyelengga-rakan pembanguan masyarakat bangsa dan negara.
  2. Dalam melaksanakan pendidikan tersebut selalu memperhatikan: Keadaan, kemam-puan, kebutuhan dan minat peserta didik

 

3) MISI KEPRAMUKAAN

Kaum muda sebagai potensi bangsa dalam kelangsungan bangsa dan negara mempercayai kewajiban melanjutkan ADICITA RAKYAT INDONESIA melalui KEMITRAAN PENDIDIKAN dengan orang dewasa.

Gerakan Pramuka, sebagai kelanjutan dan pembaharuan Gerakan Kepanduan Nasional, dibentuk karena dorongan, kesadaran bertang-gungjawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dengan Asas Pancasila, Gerakan Pramuka menyelenggarakan upaya pendidikan bagi kaum muda melalui KEPRAMUKAAN, dengan sasaran:

  1. Meningkatkan Sumber Daya Kaum Muda;
  2. Mewujudkan Masyarakat Madani
  3. Melestarikan Keutuhan:

ü  NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDO-NESIA YANG BERBHINEKA TUNGGAL IKA

ü  IDEOLOGI PANCASILA

ü  KEHIDUPAN RAKYAT YANG RUKUN DAN DAMAI

ü  LINGKUNGAN HIDUP DI BUMI NUSAN-TARA

 

FUNGSI KEPRAMUKAAN

  1. KEGIATAN MENARIK (GAME) bagi anak dan pemuda.

Kegiatan Menarik di sini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan, menantang men-gandung pendidikan. Karena itu Game di sini berarti permainan yang mempunyai tujuan dan aturan permainan.

  1. PENGABDIAN (JOB) bagi orang dewasa.

Bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian serta dedikasi tinggi.

Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan, dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

  1. ALAT ( MEAN ) Bagi Masyarakat dan Organisasi.

Kepramukaan merupakan alat bagi masya-rakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya.

Jadi kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan, merupakan alat /sarana untuk mencapai tujuan.

 

SIFAT KEPRAMUKAAN

  1. Kepramukaan adalah proses pendidikan sepanjang hayat.
  2. Gerakan Pramuka terbuka bagi setiap warga negara RI yang bersedia dan sukarela menjadi anggota Gerakan Pramuka.
  3. Gerakan Pramuka melaksanakan kegiatannya sesuai dengan keadaan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Gerakan Pramuka melaksanakan ke yang bersifat internasional untuk membina persahabatan, persaudaraan, dan perdamaian dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s