Pramuka Peduli Batalkan Pengalihan Lahan Pramuka di Cibubur


Sebuah kelompok yang mengatasnamakan sebagai Gerakan Peduli Pramuka minta agar rencana untuk mengalihfungsikan lahan pramuka, yang berlokasi di Cibubur, dibatalkan. Pasalnya, pengalihan fungsi itu sangat bertentangan dengan visi dan misi Gerakan Pramuka, yang tercantum dalam undang-undang.

Pernyataan ini disampaikan Parni Hardi, selaku juru bicara gerakan tersebut, dihadapan sejumlah wartawan, di Jakarta, akhir pekan lalu. Lebih lanjut dikemukakannya, gerakan yang dilakukannya bersama kawan-kawan pramuka lainnya ini, bukan hanya sekedar untuk meminta pembatalan pengalihfungsian lahan tersebut.

“Namun, juga lebih pada sebuah gerakan moral. Untuk menghormati para sesepuh pramuka, yang telah berjuang untuk memperoleh lahan itu, sebagai tempat untuk berbagai kegiatan pramuka,” tuturnya.

Gerakan Peduli Pramuka, sambungnya, menganggap perjanjian yang dilakukan antara Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) dan PT Purnama Alam Sakti, yang ingin menjadikan lahan pramuka di Cibubur sebagai sarana rekreasi, pusat perbelanjaan, gedung serbaguna, hotel, serta fasilitas penunjang lainnya dinilai sangat salah.

Perjanjian kerja sama itu, dijelaskannya, telah menyalahi prosedur organisasi. Yakni keputusan ditetapkan tanpa rapat pengurus Kwarnas, dan tanpa melalui konsultasi dengan Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka. “Itu tercantum di anggaran rumah tangga Gerakan Pramuka pasal 107,” sebutnya.Karenanya, Gerakan Peduli Prasmuka menuntut agar perjanjian kerja sama itu dibatalkan. Apalagi rencana pengalihan fungsi lahan itu juga bakal merusak lingkungan hidup. Pasalnya, lahan yang digunakan merupakan daerah resapan air, hutan kota, dan sebagai kawasan hijau penyangga ibu kota.

Parni Hadi menyabutkan, kalau memang lahan itu akan dioptimalkan tidak harus demikian bentuknya. Pramuka dan Pemerintah, harusnya bisa lebih mengoptimalkan sarana yang ada di likasi tersebut. Dengan begitu, ujarnya, lokasi itu bisa saja menjadi areal kemping modern dengan berbagai fasilitasnya. (Budi Seno)

Sumber :  http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=303295

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s